Hai guys, kali ini saya akan mengulas blog pertama yang dibuat oleh teman saya. Untuk postingan kali ini saya akan menggunakan bahasa Indonesia. Berikut adalah blog yang akan saya review pada hari ini Klik di sini.
 

Tampilan

Gambar di atas adalah tampilan yang akan anda lihat ketika pertama kali membuka blog ini ( gambar di ambil pada tanggal 30 November 2020 ). Kesan pertama saya ketika melihat ini adalah tampilan yang memang anda harapkan bagi pengguna wordpress yang memang memiliki kelebihan dimana tamplatenya memang clean dan terlihat profesional. Namun sayangnya kelebihan ini belum dimanfaatkan dengan sepenuhnya. Blog ini bisa tampak lebih baik jika menggunakan template lain yang banyak tersedia dengan gratis di google seperti yang disediakan di niagahoster ini.

 


Kenapa saya mengatakan untuk menggunakan tamplate yang lain? 

Alasannya adalah untuk membuat pengalaman user lebih baik. Sekarang coba bayangkan bila anda adalah user yang sudah sering membuka wordpress apa yang akan ada rasakan ketika melihat tamplate yang normal atau biasa-biasa saja? Oleh karena itu saya menyarankan untuk mengganti template agar pembaca lebih tertarik untuk membaca di blog tersebut. 

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Template WordPress Gratis?

Sebaiknya pilihlah template yang responsif. Template yang dipilih juga sebaiknya memiliki fungsi dan background yang sesuai dengan content anda. Misalnya saja Anda ingin membuat online shop menggunakan WooCommerce, tentu Anda seharunya menggunakan tema WordPress gratis  yang mendukung WooCommerce. Sebelum mengaplikasikan tamplate ada baiknya untuk melihat ulasan dan rating dari pengguna lain. Selain itu, hal yang harus Anda perhatikan ialah jumlah active installation. Semakin banyak pengguna download dan rating baik, akan semakin meyakinkan Anda dalam memilih tema tersebut. Pilihlah juga tema WordPress gratis yang selalu update dan terus menerus dikembangkan oleh developer. Karena tentu saja fitur-fiturnya akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan.

Konten

Konten pertama yang di post di blog ini ialah penjelasan tentang reksadana. Sayangnya isi konten tersebut masih kurang didalami. Kenapa saya dapat mengatakan itu? Isi konten di blog tersebut adalah konten yang dapat dengan mudah dicari di google sehingga orang mungkin tidak akan tertarik untuk membacanya. Ini mungkin dapat di perbaiki dengan menambah sedikit pendapat misalnya di bagian "Produk Reksadana". Bagian ini dapat diperbaiki dengan hanya menambah pendapat seperti "saya lebih menyukai Reksadana Saham karena...". Begitu juga dengan bagian "Profil Resiko" ada baiknya jika penulis mengutarakan Profil resiko mana yang ia miliki dan alasannya.

Jadi menurut saya dua hal yang harus diperbaiki adalah template dan kontennya. Overall masih banyak ruang untuk perbaikan. Jadi gimana? Apakah kalian setuju dengan saya? Jika ada blog lain yang kalian ingin saya ulas maka tinggalkan komentar kalian di komentar di bawah ya. Terima kasih